Thursday, April 6, 2017

Kitab Hasyiah Al Bajuri matan Abu Syuja'

Kitab Hasyiyah Ibrahim al Baijuri (حاسية الشيخ ابراهيم البيجورى) merupakan kitab fiqih madzhab Syafii karangan Syekh Burhanuddin Ibrahim al Baijuri bin Syekh Muhammad al Jizawi bin Ahmad, atau lebih dikenal dengan nama Syekh Ibrahim al Baijuri. 

Beliau lahir pada tahun 1198 H/1783 M, di Desa Bajur atau Baijur, pusat Distrik al-Munufiyah Mesir. Imam al-Bajuri wafat pada Kamis, 28 Dzulqa‘dah 1276 H/19 Juli 1860 M. Jenazahnya dishalatkan di Masjid al-Azhar asy-Syarif dan dikuburkan di kawasan Qurafah al-Kubra (al-Mujawarin). Ketinggian dan kedalaman ilmu beliau mengantarkan beliau menjadi salah seorang tenaga pendidik di Al-Azhar. Beliau yang sangat terkenal tekun dan ikhlas dalam mengajar dan mendidik, akhirnya diangkat menjadi Syaikh Al-Azhar, posisi paling tinggi dan prestisius di lembaga Al-Azhar. Beliau diangkat pada tahun 1263 H menggantikan Syaikh Ahmad Abdul Jawwad Ad-Daumi Asy-Syafi’i. Beliau memangku amanah tersebut hingga akhir hayatnya. 

Kitab Hasyiyah al Baijuri merupakan kitab penjelasan catatan pinggir dari kitab ‘Fathul Qarib al Mujib’ ( فتح القريب المجيب ) karangan syech Ibnu Qasim al Ghazi. Sedangkan Kitab Fathul Qarib al Mujib merupakan kitab syarah dari kitab ‘Ghayatul Ikhtishar atau Taqrib’ karangan Imam Abu Sujaai. Kitab Taqrib dan Fathul Qarib ini sangat masyhur di kalangan kyai dan santri di tanah air, karena merupakan salah satu kitab wajib yang  dipelajari hampir di seluruh ponndok pesantren. Dengan membaca kitab Hasyiyah Ibrahim Al Baijuri kita akan lebih mudah dalam mempelajari dan memahami kitab Fathul Qarib. Terlebih dari itu, kitab Hasyiyah ini banyak menjadi rujukan para ulama dalam menetapkan hukum-hukum Islam kontemporer yang terjadi dewasa ini. 

Terima kasih, semoga bermanfaat. . . 

No comments:

Post a Comment